Kamis, 28 Februari 2013



Merpati dan PT Pos Bikin Bisnis Kargo dan Logistik Udara

Jakarta - Dua BUMN yaitu PT Pos Indonesia dan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) menjalin kerja sama di bidang kargo atau logistik udara. Kerjasama ini merupakan sinergi dalam menangkap peluang bisnis di bidang logistik yang besar.

Pasca sinergi ini, bisnis logistik Pos Indonesia bisa menjangkau hingga pelosok-pelosok Indonesia dengan cepat memanfaatkan pesawat milik Merpati.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Utama Pos Indonesia I Ketut Mardjana saat kerja sama di Hotel JW Marriott, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2013).



"Pasar logistik untuk industri manufaktur mencapai 60%, wholesaler 20%, ritel 10%, dan lainnya sebesar 5%. Pangsa pasar di luar Jawa sekitar 39% dengan porsi kompetisi hanya 30%," tutur Ketut.

Ketut menegaskan, setelah kerjasama ini, diperkirakan pertumbuhan bisnis logistik Pos Indonesia bisa mencapai sebesar 9%. Hal lain yang bisa diambil dari kerjasama ini adalah menangkap potensi pasar logistik udara di wilayah timur yang tumbuh pesat, terutama perishable cargo dan agro cargo yang bernilai tinggi. Namun Mardjana mengaku, belum ada operator logistik yang masuk menggarak bisnis tersebut karena kurang memadainya sarana angkutan logistik darat.

"Anak usaha kami PT Pos Logistik Indonesia diharapkan dapat menjalankan kerja sama kargo udara ini melalui jaringan pelayanan yang menjangkau daerah remote di Indonesia," tambahnya.

Di tempat yang sama Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo menerangkan, berbekal kekuatan maskapai di wilayah Indonesia Timur, Merpati berkomitmen menyediakan pesawat sebagai alat angkutan logistik udara untuk Pos Indonesia.


"Dengan pengalaman loading dan unloading cargo, penanganan dangerous goods, space, dan payload cukup besar untuk incoming cargo Makassar, Surabaya, Bali, dan Jakarta, kami siap membesarkan industri logistik udara bersama-sama," papar Rudy.

sumber : www.finance.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar